Penerapan Learning Management System Untuk Ujian Semester Di Smp Setia Gama Jakarta Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
DOI:
https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v8i3.832Keywords:
Learning Management System (LMS), Analytical Hierarchy Process (AHP)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Learning Management System (LMS) dalam pelaksanaan ujian semester di SMP Setia Gama Jakarta dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Fokus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kriteria biaya, efektivitas, efisiensi, dan keamanan dalam mendukung keberhasilan penerapan LMS, dengan mempertimbangkan kesiapan infrastruktur yang sudah memadai. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada guru, siswa, dan staf IT untuk menilai faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi LMS. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa kriteria keamanan memiliki bobot yang lebih tinggi, mengingat pentingnya keandalan sistem dan perlindungan data ujian. Sementara itu, kriteria biaya dan efektivitas dan efisiensi juga memainkan peran penting, tetapi dipengaruhi oleh kesiapan infrastruktur yang mendukung kelancaran ujian. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan untuk pengguna LMS dan penguatan sistem keamanan data, serta mengoptimalkan biaya dengan memilih solusi LMS yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan sekolah.