Analisis Penggunaan Aplikasi JA Sensei sebagai Media Pembelajaran dalam Menguasai Bahasa Jepang

Authors

  • Ester Olivia Silalahi IPB UNIVERSITY
  • Jovita Nabilah Azizi IPB University, Bogor, Indonesia
  • Rafli Damara IPB University, Bogor, Indonesia
  • Muhammad Farhan Fahrezy IPB University, Bogor, Indonesia
  • Humannisa Rubina Lestari IPB University, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v8i3.837

Keywords:

JA Sensei, pembelajaran bahasa Jepang, aplikasi bahasa Jepang, pengucapan bahasa Jepang, JLPT.

Abstract

Aplikasi JA Sensei merupakan sebuah platform pembelajaran bahasa Jepang yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu penggunanya menguasai bahasa Jepang dengan cara yang efisien dan interaktif. Dengan menyediakan materi yang mencakup kosakata, hiragana, katakana, kanji, frasa umum, serta tata bahasa, aplikasi ini menyasar pengguna dari tingkat pemula hingga tingkat lanjut. Aplikasi ini dilengkapi dengan kuis interaktif, latihan menulis, serta pengucapan yang dibawakan oleh penutur asli bahasa Jepang, yang membantu pengguna memperbaiki pengucapan dan pemahaman mereka terhadap bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi JA Sensei dalam meningkatkan keterampilan bahasa Jepang, khususnya dalam hal penguasaan kosakata, kanji, dan pengucapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan mengumpulkan data dari pengguna aplikasi untuk menilai kemajuan mereka setelah menggunakan aplikasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi JA Sensei efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Jepang, serta memberikan pemahaman budaya Jepang yang dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih baik dengan penutur asli. Berdasarkan hasil ini, aplikasi JA Sensei dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa Jepang secara mandiri.

Downloads

Published

2025-05-29